Agar CV dibaca Recruiter
22.03.2013
|
Comments off
|
Pasti semua pelamar bisa membuat Surat Lamaran kerja dan Daftar Riwayat Hidup ( Curricullum Vitae/ CV). Tetapi pertanyaannya, apakah CV kamu dibaca oleh recruiter?
Banyak artikel yang sudah menulis tentang membuat surat lamaran dan CV yang bagus, bahkan template-template sudah ada di google.com atau di Microsoft Word dengan berbagai model yang menarik. Tetapi masih jarang yang membahas tentang bagaimana caranya lamaran kamu dibaca oleh pihak pencari kerja.
Saya akan bahas dibawah ini tentang bagaimana membuat lamaran kamu menarik untuk dibaca oleh seorang recruiter.
  1. Baca dengan benar iklan lowongan pekerjaan, sesuaikan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan dengan kualifikasi yang anda miliki. Jangan paksakan kondisi kualifikasi anda bila tidak sesuai dengan permintaan mereka.
  2. Bila melamar melalui email, sebaiknya Subject email di isi selain dengan kode yang diminta oleh perusahaan, ditulis kualifikasi anda secara singkat dan menarik. Contoh : ADM; 2yrs exp, TOEFL 620,
  3. Usahakan untuk lamaran yang dikirim melalui email jangan terlalu berat sehingga mudah dibuka attachmentnya.
  4. Bila dikirim lewat POS, tulis secara singkat kualifikasi anda di Amplop lamaran.
  5. Sebaiknya, untuk yang telah berpengalaman cantumkan Job Description secara lengkap untuk setiap pekerjaan yang telah dilakukan.
  6. Sedangkan untuk yang baru lulus sekolah baik SMA ataupun Sarjana mencantumkan dengan jelas aktifitas organisasi yang diikuti selama masa sekolah/kuliah termasuk free lance ataupun magang.
Demikian sekilas tips dari saya berdasarkan pengalaman menjadi Recruiter selama 16 tahun yang rata-rata sekali iklan bisa menerima ratusan cv melalui email maupun pos.
Semoga sukses dalam mencari pekerjaan ya….
Salam RecTra

Comments are closed.